Pastikan lakukan ini sebelum memutuskan menikah

Please log in or register to like posts.
News

Menikah adalah hal sakral. Tentu kamu ingin menikah untuk pertama dan satu-satunya dalam hidupmu, bukan? Nah, agar pernikahanmu langgeng maka pastikan kamu lakukan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk menikah.

Dimana kalian akan tinggal setelah menikah?

Setelah menikah, dimanakah kalian akan tinggal? Apakah langsung mau tinggal di rumah sendiri? Atau mau bertempat tinggal dulu di rumah orang tua?

Jika kalian memutuskan untuk langsung mandiri, diskusikan apakah mau beli rumah sendiri atau kontrak? Kalau pilihan ini yang kalian pilih pikirkanlah darimana uang untuk memenuhi kebutuhan ini. Namun, jika kalian memilih untuk tinggal sementara di rumah orang tua maka pastikan kalian tidak menjadi beban buat mereka.

Tentukan perabotan rumah tangga apa yang akan menghiasi rumah kalian

Jika rumah sudah kalian tentukan, kalian mulai bisa merancang perabot rumah tangga apa saja yang kalian perlukan. Pastikan perabotan rumah ini sesuai dengan kantong kalian. Jika masih memiliki dana terbatas, kalian fokuskan untuk memilih perabot yang fungsional dan hemat.

Pemilihan perabot rumah baik itu furniture, elektronik dan perabotan lain penting kalian diskusikan agar kebutuhan kalian berdua bisa terpenuhi dengan baik.

Diskusikan bagaimana pengaturan keuangan rumah tangga kalian kelak

Salah satu masalah rumah tangga yang sering memicu keretakan adalah masalah keuangan. Bisa jadi pendapatan suami yang dirasa kurang atau sang istri yang dianggap terlalu boros dalam membelanjakan uang.

Kalian bisa diskusikan bagaimana pola pengaturan keuangan rumah tangga kalian kelak. Jika masing-masing kalian bekerja bisa jadi kalian atur pendapatan suami untuk keperluan sehari-hari dan pendapatan istri untuk investasi dan kebutuhan jangka panjang lainnya. Pendek kata, diskusikan hal ini dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan di masa depan.

Rencanakan biaya pendidikan anak kalian kelak

Berapa anak yang kalian inginkan? Satu, dua, tiga atau lima? Semakin banyak anak yang kalian inginkan tentu saja tanggungjawab kalian akan semakin besar. Ingat, anak tidak hanya membutuhkan biaya makan. Namun kalian harus memikirkan biaya kesehatan dan pendidikan mereka kelak. Merencanakan hal ini dengan baik akan membuat kalian lebih tenang menjalani hidup kalian.

Bicarakan rencana investasi keuangan rumah tangga kalian

Selain tabungan, kalian bisa bicarakan instrumen investasi apa yang kalian inginkan untuk menjamin masa depan kalian. Bukankah ada batas kemampuan fisik kita setelah memasuki usia pensiun kelak? Nah, kalian mulai bisa bicarakan apakah akan bermain saham, reksadana, logam mulia atau mungkin investasi di properti. Terlihat terburu-buru? Nggak kok. Ingat investasi ini penting buat masa depan keluarga kalian lho.

Ambillah kesepakatan tentang cara mendidik anak yang pas

Kalian tumbuh dan besar di lingkungan keluarga yang berbeda cara mendidiknya. Ada hal-hal yang menurutmu tabu tetapi bagi dia belum tentu itu tabu karena didikan orang tuanya yang berbeda. Perbedaan-perbedaan seperti ini akan berdampak pada cara kalian memperlakukan anak kalian kelak. Diskusikanlah hal ini agar kalian memiliki pemahaman yang sama untuk mendidik buah hati kalian dengan baik.

Terakhir, pastikan kalian sudah mengantongi restu dari kedua orang tua kalian agar di hari bahagia itu akan dinikmati oleh semuanya

Hal terakhir dan yang terpenting adalah restu orang tua kalian. Sebelum melangkah pastikan kalian sudah meminta pendapat kepada kedua orangtuamu tentan calon pendampingmu itu. Bagaimanapun orang tua kalian telah banyak makan asam garam kehidupan. Kebijaksanaan mereka sangat kalian butuhkan sebagai bekal kalian di masa depan.

Itulah tujuh hal yang perlu kalian persiapkan sebelum melakukan pernikahan. Selain ketujuh hal itu tentu saja kalian perlu mempersiapkan mental kalian. Jika persiapan sudah ok, melangkan ke fase kehidupan selanjutnya akan menjadi lebih ringan untukmu. Jadi kapan sebar undangan?

 

 

Silahkan share jika dirasa bermanfaat 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *